Lima Terdakwa Kurir Bahan Baku Pil PCC Dituntut 3 Tahun Penjara

Lima Terdakwa Kurir Bahan Baku Pil PCC Dituntut 3 Tahun Penjara

Lima terdakwa kurir bahan baku pil PCC usai menjalani sidang tuntutan.

Tanjungpinang, DK – Lima orang terdakwa kurir bahan baku pil PCC sebanyak 12 ton dituntut 3 tahun penjara dan denda Rp. 1 milyar subsider 4 bulan oleh JPU, Rabu (18/04) saat sidang di Pengadilan Negeri Tanjungpinang. Kelima terdakwa tersebut masing-masing Beni Mardiana, Rinto Siburian, Budi Hartono, Lambok Simanjuntak dan Efendi Simanjuntak.

Dalam dakwaan tuntutan yang dibacakan JPU, Kelima terdakwa mempunyai peran masing-masing dalam pengiriman sebanyak 12 ton serbuk putih yang merupakan bahan baku untuk membuat pil PCC yang merupakan milik terdakwa Martin yang sebelumnya dituntut 4 tahun penjara denda Rp. 1 milyar subsider 4 bulan kurungan.

Kelimanya menjadi terdakwa bermula saat terdakwa Martin yang merupakan pemilik bahan baku untuk membuat pil PCC sebanyak 12 ton menghubungi terdakwa Rinto Siburian yang merupakan pemilik ekpedisi PT. Transmart Logistindo untuk mengurus pengiriman bahan baku tersebut dari Batam ke Jakarta. Setelah melakukan negosiasi harga disetujui, terdakwa Rinto Siburian lalu menghubungi terdakwa Budi Hartono dan terdakwa Efendi Simanjuntak sebagai pemilik gudang untuk menyimpan bahan baku tersebut di Batam.

Selanjutnya terdakwa Efendi Simanjuntak lalu menghubungi terdakwa Lambok Simanjuntak agar membawa barang baku tersebut dari Batam ke Kijang, Kabupaten Bintan. Lambok Simanjuntak lalu memerintahkan Beni Mardiana dan Budi Hartono agar membawa bahan baku tersebut ke Tanjunguban melalui Telaga Punggur dengan menggunakan pompong. Saat barang tersebut akan diangkut truk lori untuk dibawa ke pelabuhan Sribayintan Kijang, Polsek Bintan Utara melakukan penangkapan pada tanggal 2 September 2017. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *