Divonis 17 Bulan Penjara, Mantan Bupati Anambas Pikir-Pikir

Divonis 17 Bulan Penjara, Mantan Bupati Anambas Pikir-Pikir

Mantan Bupati Anambas Tengku Mukhtarudin saat digiring menuju mobil tahanan menggunakan kursi roda usai di vonis 17 bulan penjara.

Tanjungpinang, DK – Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Tengku Mukhtaruddin divonis 17 bulan penjara dalam kasus korupsi deposito berjangka di Bank Mandiri Syariah. Selain itu Tengku Mukhtarudin juga didenda Rp. 50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam vonis yang dibacakan Hakim Ketua Santonius Tambunan, SH, MH, Rabu (28/03) terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana apresiasi Pemkab Anambas di Bank Syariah Mandiri (BSM) sebesar Rp1,3 miliar. Vonis lebih ringan satu bulan dari tuntutan JPU 18 bulan.

Atas vonis tersebut, Tengku Mukhtarudin melalui pengacaranya pikir-pikir, sedangkan JPU menerima. Terdakwa Tengku Mukhtarudin yang datang ke persidangan menggunakan kursi roda langsung dibawa ke mobil tahanan dan dibawa ke Rutan Tanjungpinang.

Tidak banyak kata-kata yang terucap dari mulut terdakwa saat dibawa menuju ke mobil tahanan. “Biasa saja, sini kalau wartawan mau foto saya silahkan,” ujarnya yang diiringi sanak saudara saat didorong menggunakan kursi roda.

Tengku Muhtarudin terjerat kasus korupsi penyalahgunaan dana apresiasi Pemkab Anambas di Bank Syariah Mandiri (BSM) sebesar Rp1,3 miliar. Dari Bank tersebut terdakwa mendapat hadiah berupa mobil Fortuner. Sempat berkelit dan membantah mobil itu bukan miliknya, namun dalam perjalanan kasusnya, Tengku Muhtarudin justru mengembalikan uang senilai mobil Fortuner tersebut ke negara melalui Kejaksaan. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *