Tiga Oknum KSOP Terdakwa Pungli Dituntut 6 Bulan

Tiga Oknum KSOP Terdakwa Pungli Dituntut 6 Bulan

TANJUNGPINANG, DK – Sidang pungutan liar (Pungli) tiga oknum pegawai Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang dengan terdakwa Herbert Panusunan Simamora (34), Sutoyo (42) dan Eri Priawan (27) dengan agenda tuntutan digelar di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (27/02).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gustian, SH menuntut tiga terdakwa pungli dengan tuntutan 6 bulan penjara. Dalam tuntutannya ketiga oknum KSOP tersebut melanggar pasal 11 junto 12A UU Tipikor junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP yang mana menyalahkan jabatan.

Mendengar tuntutan tersebut, ketiga terdakwa lalu berkonsultasi dengan penasehat hukum Sri Ernawati, SH. Sidang dilanjutkan Selasa depan untuk mendengarkan vonis Hakim.

Puluhan keluarga dan rekan ketiga terdakwa terlihat hadir saat pembacaan tuntutan. Terlihat juga Kepala KSOP Tanjungpinang Rajuman Sibarani.

Kilas balik kebelakang, kasus pungli yang dilakukan ketiga terdakwa oknum KSOP Tanjungpinang tersebut bermula dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) Satreskrim Polres Tanjungpinang, terhadap Harbert Panusanan Simamora pada tanggal 2 Mei 2017. Terdakwa ditangkap saat menerima amplop berisi uang dari salah satu pengurus kapal yang akan berangkat dengan mendatangi Kantor Pos KSOP di Pelabuhan SBP.

Dari hasil pengembangan itu polisi akhirnya kembali mengamankan dua tersangka lainnya yang diduga ikut terlibat, yakni Sutoyo selaku Kepala Pos KSOP dan Eri Priawan. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *