KRI Sigurot Tangkap Kapal Ikan Taiwan

KRI Sigurot Tangkap Kapal Ikan Taiwan

Tanjungpinang, DK – KRI Sigurot-864 TNI-AL menangkap kapal ikan berbendera a Taiwan MV. Fu Yu BH 29164 di perairan Selat Malaka, Minggu (25/02). Kapal dengan 10 orang kru yang terdiri dari 2 WN Taiwan, 3 Vietnam, 1 Cina dan 4 Myanmar ditangkap karena melanggar UU pelayaran, dimana dokumen kapal tidak ada yang asli dan kapal tidak laik laut.

Wadan Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Imam Musani mengatakan kronologis penangkapan bermula saat KRI Sigurot yang berada di Utara Karang Galang melihat kontak kapal tersebut di perairan TSS. Saat didekati, kapal tersebut berbalik haluan dan masuk ke perairan Malaysia dan lego jangkar. Pada TW. 0224 sekitar pukul 13:00 wib kapal tersebut bergerak kembali menuju ar ah timur lalu KRI Sigurot melakukan intercept dan berhasil menghentikan kapal lalu dilaksanakan pemeriksaan dokumen dengan cara tender, karena cuaca buruk kapten kapal tidak turun begitu juga dengan anggota.

Saat dilakukan pemeriksaan dokumen, KRI Sigurot sempat mengalami blackout sehingga menjauh dari kapal MV. Fu Yu. Melihat hal tersebut, kapal yang dokumen berbendera Taiwan menjauh dan masuk perairan Singapura. Setelah kondisi balckout dapat diatasi, KRI Sigurot dibantu 3 kapal lainnya melakukan pengejaran.

Pada TW.0224.1700 kapal tersebut ditangkap APMM Malaysia, lalu intelijen Koarmabar dan Lantamal IV melakukan koordinasi dengan intelijen APMM Malaysia agar kapal tersebut diserahkan ke TNI-AL karena dokumen kapal berada di KRI Sigurot.

“Hasil koordinasi kedua intelijen pihak APMM Malaysia menyerahkan kapal tersebut dikawal kapal patroli Petir. Saat ini kapal beserta 10 kru kita bawa ke Dermaga Lantamal IV Tanjungpinang Yos Sudarso untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kolonel Imam Musani. (Dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *