Kelurahan Dompak Bertekad Ciptakan Kampung Wisata Yang Mandiri dan Terintegrasi

Kelurahan Dompak Bertekad Ciptakan Kampung Wisata Yang Mandiri dan Terintegrasi

Tanjungpinang, DK – Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kelurahan Dompak tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Dompak, Sabtu (13/01/2018). Adapun tema yang diangkat dalam Musrembang tersebut yakni “Menggali Potensi Kampung Wisata Yang Mandiri dan Terintegrasi”.

Hadir dalam Musrembang tersebut Asisten II Pemko Tanjungpinang Irwan, S.Sos, M.Si, Kepala Bapelitbang Surjadi, Camat Bukit Bestari Reza Fahlevi, Lurah Dompak Heri Susanto, S.Sos, perwakilan OPD, RT/RW se Kelurahan Dompak, LPM, Karang Taruna, PKK, Posyandu dan tokoh masyarakat Dompak.

Lurah Dompak Heri SUsanto, S.Sos dalam pemaparannya saat Musrenbang mengatakan ada 3 (tiga) isu strategis yang diangkat, Pertama: Penataan pusat ibukota Provinsi Kepri, khususnya di Dompak yang terapkan oleh Gubernur Kepri sebagai kota wisata dan hijau. Kedua: Kota Tanjungpinang sebagai daerah tujuan wisatawan domestik dan internasional. Ketiga: Dompak sebagai daerah Free Trade Zone (FTZ) yakni daerah yang masuk wilayah perdagangan bebas.

Ditambahkan Heri Susanto, dengan tiga isu tersebut, Kelurahan Dompak mengangkat tema sebagai kampung wisata yang mandiri dan terintegrasi dengan konsep kampung wisata yang diploting/direncanakan dibeberapa tempat, seperti RW 1 sebagai Kampung Wisata Pantai, RW 2 sebagai Kampung Nelayan, RW 3 sebagai Kampung Agro dan Kampung Warnawarni.

“Dengan adanya konsep kampung wisata yang mandiri dan terintegrasi tersebut, maka usulan musrenbang dapat terakomodir baik itu akses jalan dan sarana prasarana pendukung lainnya,” ujar Lurah Dompak Heri Susanto saat memaparkan pemaparan dihadapan tamu undangan.

Dilanjutkan Heri Susanto, di tahun 2018 ada lima program yang akan dikerjakan di Kelurahan yang dirinya pimpin. Lima program tersebut merupakan usulan tahun 2017 yang diakomodir oleh Pemko Tanjungpinang. Adapun lima program tersebut yakni pengaspalan jalan Sei Jari yang berada di RT 03/RW 03, pembangunan dua unit posyandu di RW 02 Dompak Seberang, budidaya ikan air laut di Dompak, pengadaan rumpon sebanyak dua titik di Dompak Seberang dan pembangunan satu bak kontainer sampah di Dompak Lama.

Lurah Dompak Heri Susanto, S.Sos saat memaparkan program dalam Musrembang Kelurahan Dompak Tahun 2018.

Camat Bukit Bestari Reza Fahlevi sangat mendukung Musrenbang Kelurahan Dompak dengan tema potensi wisata. “Dari beberapa kelurahan yang melaksanakan Musrembang yang berada dibawah Kecamatan Bukit Bestari, hanya Kelurahan Dompak yang mengangkat konsep wisata,” ujar Reza Fahlevi. Ditambahkan Reza Fahlevi, dengan konsep kampung wisata ini nantinya diharapkan menambah daya tarik wisatawan datang ke Dompak.

Terkait tema Musrembang Kelurahan Dompak yang ingin menggali potensi wisata disambut positif dan didukung oleh Asisten II Pemko Tanjungpinang Irwan, S.Sos, M.Si. Ditambahkan Irwan untuk merealisasikan hal tersebut perlu mendapat dukungan dari OPD dan instansi terkait lainnya.

“Dari pemaparan Lurah, ada infrastruktur jalan sepanjang 450×6 meter yang sudah lama diusulkan dari tahun 2014. Jalan itu diperlukan karena merupakan akses menuju lokasi kuliner seafood yang berada Kelam Pagi. Tempat kuliner tersebut memang sering didatangi wisatawan lokal maupun asing untuk menikmati makanan laut. Nanti saya akan sampaikan kepada Dinas PU agar usulan tersebut diakomodir tahun ini,” ujar Irwan.

Warga maupun tokoh masyarakat Dompak yang hadir dalam Musrembang tersebut berharap apa yang telah diusulkan dan direncanakan dapat segera terealisasi di kampung mereka. (Dma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *